TEKS DEBAT KELAS X TKJ
1
Pengampu: Imam Basori
Alwi, S.Pd.
KELOMPOK
2:
1. Muhammad Abid Taufiqi
2. Jeny Puspitasari
3. Nashukha Yazid Fahlevi
4. Dwiki Andreas
5. Dimas Salman Hafid Al
Ihsan
6. Khabib Anwar
7. Sofiul Falis
8. Willa Nur Azizah
9. Anggun Auliyanti Putri
10. Ahmad Fahreza Anwar
11. Ayu Sri Rezeki
SMK AL-FALAH WINONG
TAHUN PELAJARAN
2021/2022
Moderator
(Fiqi)
Assalamualaikum Wr., Wb.
Perkenalan
saya Muhammad Abid Taufiqi dari kelompok 2 izin untuk memimpin diskusi pada
hari ini. Sebelumnya saya ingin memperkenalkan peserta debat kali ini, silakan
setiap tim untuk memperkenalkan diri, dimulai dari tim afirmasi, tim oposisi, dan
tim netral serta penulis. Terima kasih untuk tim telah memperkenalkan diri.
Pada diskusi kali ini kita akan membahas
tentang "Apakah Pembelajaran Teks Negosiasi dengan Menggunakan Media Bagan
Alir dan Metode Bermain Peran (Role
Playing) Mampu Memahamkan Peserta Didik dan Pembelajaran Menjadi Menyenangkan?"
Sebelum
itu saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu bagan alir dan metode bermain
peran. Bagan alir adalah sebuah jenis diagram yang mewakili algoritme, alir
kerja atau proses yang menampilkan langkah-langkah dalam bentuk simbol-simbol
grafis dan urutannya dihubungkan dengan panah.
Metode
bermain peran adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui
pengembangan imajinasi dan penghayatan yang dilakukan siswa dengan memerankannya
sebagai tokoh.
Sebelum
diskusi dimulai, saya akan menjelaskan peraturannya:
1.
Peserta debat menggunakan bahasa
Indonesia yang jelas, lugas, dan santun.
2.
Peserta debat bersikap sopan dan tidak
merendahkan peserta lainnya.
3. Setiap perwakilan tim diberikan waktu
maksimal dua (2) menit untuk menyampaikan pendapatnya.
4.
Peserta debat harus mengikuti debat dari
awal hingga akhir.
Afirmasi
(Yazid)
Saya
dari tim afirmasi setuju, pembelajaran dengan menggunakan media bagan alir
pembelajaran lebih mudah dipahami. Media bagan alir digunakan untuk menjelaskan
aspek-aspek sistem informasi secara jelas, tepat, dan logis. Selain itu,
pemanfaatan media bagan alir dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan,
minat baru, meningkatkan motivasi, dan rangsangan kegiatan belajar. Dengan
demikian, media bagan alir dapat meningkatkan pembelajaran menjadi lebih mudah.
Oposisi
(Falis)
Jika
siswa tidak dipersiapkan dengan baik Ada kemungkinan tidak akan melakukan
secara sungguh sungguh.
Afirmasi
(Dwiki)
Metode
bermain peran (role playing)
merupakan metode pembelajaran yang dapat menggali kemampuan siswa sehingga
siswa mudah memahami struktur dan kaidah teks negosiasi. Melalui metode bermain
peran (role playing) diharapkan
keterampilan menulis teks negosiasi siswa dapat meningkat.
Oposisi
(Dimas)
Saya
dari tim oposisi kurang setuju dengan pendapat kalian karena metode role playing ini kurang efisien. Jika
kita melihat metode role playing dalam
proses mengajar dan belajar dalam lingkup pendidikan tentunya selain kelebihan
juga terdapat kelemahan. Saya akan menyebutkan beberapa kelemahan metode role playing antara lain:
1.
Metode bermain peranan memerlukan waktu
yang relatif panjang/banyak.
2.
Memerlukan kreativitas dan daya kreasi
yang tinggi dari pihak guru maupun murid dan ini tidak semua guru atau murid
memilikinya.
3. Kebanyakan siswa yang ditunjuk sebagai
pemeran merasa malu untuk memerlukan suatu adegan tertentu.
4. Apabila pelaksanaan sosio drama dan
bermain peran mengalami kegagalan, bukan saja dapat memberi kesan kurang baik,
tetapi sekaligus berarti tujuan pengajaran tidak tercapai.
5.
Tidak semua materi pelajaran dapat
disajikan melalui metode ini.
Afirmasi
(Jeny)
Metode
role playing ini, dapat meningkatkan
pemahaman siswa pada materi teks negosiasi. Dengan metode role playing, siswa menjadi lebih bersemangat dalam mengeksplor
kemampuan diri. Selain itu, metode role
playing juga mampu mengurangi kebosanan siswa dalam mengikuti pembelajaran
jarak jauh yang cenderung monoton.
Oposisi
(Khabib)
Saya
dari tim oposisi tidak setuju karena kekurangan metode pembelajaran role playing memakan banyak waktu, siswa
sering mengalami kesulitan untuk memerankan secara baik. Metode pembelajaran role playing tidak akan berjalan dengan
baik jika suasana kelas tidak mendukung. Jika siswa tidak dipersiapkan dengan
baik ada kemungkinan metode role playing
tidak akan berjalan dengan baik.
Netral
(Anggun)
Metode
pembelajaran bermain peran adalah berakting sesuai dengan peran yang telah
ditentukan terlebih dahulu untuk tujuan-tujuan tertentu. Selain itu, penerapan
metode bermain peran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia
mempunyai manfaat penting bagi kehidupan sosial siswa. Metode bermain peran
siswa dapat menghayati peranan apa yang dimainkan mampu menempatkan diri dalam
situasi orang lain yang dikehendaki guru.
Netral
(Willa)
Dengan
menggunakan media pembelajaran bermain peran segala sesuatu yang dapat
digunakan menyalurkan pesan bahan pembelajaran sehingga dapat merangsang
perhatian, minat, dan perasaan peserta didik yang melakukan peran.
Netral
(Fahreza)
Saya
sebagai pihak netral berpendapat bahwa bermain peran memiliki kelebihan dan
kekurangannya masing-masing, contoh kelebihannya, yaitu dapat berkesan dengan
kuat dan tahan lama dalam ingatan siswa, sangat menarik bagi siswa sehingga
memungkinkan membuat kelas menjadi dinamis dan antusias. Nah, kalau untuk
kekurangannya, yaitu role playing
memerlukan waktu yg relatif panjang, memerlukan kreatifitas, dan daya kreasi yang
tinggi dari pihak guru maupun siswa dan ini tidak semua guru memilikinya, tidak
semua materi pembelajaran dapat disajikan melalui metode ini.
SIMPULAN
Pembelajaran
dengan menggunakan media bagan alir pembelajaran lebih mudah dipahami. Media
bagan alir digunakan menjelaskan aspek-aspek sistem informasi secara jelas,
tepat, dan logis. Selain itu, pemanfaatan media bagan alir dalam pembelajaran
dapat membangkitkan keinginan, minat, bakat, dan meningkatkan motivasi serta
rangsangan kegiatan belajar. Ditambah, metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan
pemahaman dan siswa menjadi lebih bersemangat dalam mengeksplor kemampuan diri.
Selain itu, metode role playing juga
mampu mengurangi kebosanan siswa pembelajaran jarak jauh yang cenderung monoton.
Kerenn👍
BalasHapusBagus sekali👍
BalasHapusTerima kasih. semoga bermanfaat.
BalasHapus