Teks Debat Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Bagan Alir dan Metode Role Playing

TEKS DEBAT KELAS X TKJ 1

 



Pengampu: Imam Basori Alwi, S.Pd.

KELOMPOK 2:

1. Muhammad Abid Taufiqi

2. Jeny Puspitasari

3. Nashukha Yazid Fahlevi

4. Dwiki Andreas

5. Dimas Salman Hafid Al Ihsan

6. Khabib Anwar

7. Sofiul Falis

8. Willa Nur Azizah

9. Anggun Auliyanti Putri

10. Ahmad Fahreza Anwar

11. Ayu Sri Rezeki

 

SMK AL-FALAH WINONG

TAHUN PELAJARAN 2021/2022




Moderator (Fiqi)

Assalamualaikum Wr., Wb.

Perkenalan saya Muhammad Abid Taufiqi dari kelompok 2 izin untuk memimpin diskusi pada hari ini. Sebelumnya saya ingin memperkenalkan peserta debat kali ini, silakan setiap tim untuk memperkenalkan diri, dimulai dari tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral serta penulis. Terima kasih untuk tim telah memperkenalkan diri.

 Pada diskusi kali ini kita akan membahas tentang "Apakah Pembelajaran Teks Negosiasi dengan Menggunakan Media Bagan Alir dan Metode Bermain Peran (Role Playing) Mampu Memahamkan Peserta Didik dan Pembelajaran Menjadi Menyenangkan?"

Sebelum itu saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu bagan alir dan metode bermain peran. Bagan alir adalah sebuah jenis diagram yang mewakili algoritme, alir kerja atau proses yang menampilkan langkah-langkah dalam bentuk simbol-simbol grafis dan urutannya dihubungkan dengan panah.

Metode bermain peran adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan yang dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh.

Sebelum diskusi dimulai, saya akan menjelaskan peraturannya:

1.      Peserta debat menggunakan bahasa Indonesia yang jelas, lugas, dan santun.

2.      Peserta debat bersikap sopan dan tidak merendahkan peserta lainnya.

3.   Setiap perwakilan tim diberikan waktu maksimal dua (2) menit untuk menyampaikan pendapatnya.

4.      Peserta debat harus mengikuti debat dari awal hingga akhir.

 

Afirmasi (Yazid)

Saya dari tim afirmasi setuju, pembelajaran dengan menggunakan media bagan alir pembelajaran lebih mudah dipahami. Media bagan alir digunakan untuk menjelaskan aspek-aspek sistem informasi secara jelas, tepat, dan logis. Selain itu, pemanfaatan media bagan alir dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan, minat baru, meningkatkan motivasi, dan rangsangan kegiatan belajar. Dengan demikian, media bagan alir dapat meningkatkan pembelajaran menjadi lebih mudah.

Oposisi (Falis)

Jika siswa tidak dipersiapkan dengan baik Ada kemungkinan tidak akan melakukan secara sungguh sungguh.

Afirmasi (Dwiki)

Metode bermain peran (role playing) merupakan metode pembelajaran yang dapat menggali kemampuan siswa sehingga siswa mudah memahami struktur dan kaidah teks negosiasi. Melalui metode bermain peran (role playing) diharapkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa dapat meningkat.

Oposisi (Dimas)

Saya dari tim oposisi kurang setuju dengan pendapat kalian karena metode role playing ini kurang efisien. Jika kita melihat metode role playing dalam proses mengajar dan belajar dalam lingkup pendidikan tentunya selain kelebihan juga terdapat kelemahan. Saya akan menyebutkan beberapa kelemahan metode role playing antara lain:

1.      Metode bermain peranan memerlukan waktu yang relatif panjang/banyak.

2.      Memerlukan kreativitas dan daya kreasi yang tinggi dari pihak guru maupun murid dan ini tidak semua guru atau murid memilikinya.

3.   Kebanyakan siswa yang ditunjuk sebagai pemeran merasa malu untuk memerlukan suatu adegan tertentu.

4.    Apabila pelaksanaan sosio drama dan bermain peran mengalami kegagalan, bukan saja dapat memberi kesan kurang baik, tetapi sekaligus berarti tujuan pengajaran tidak tercapai.

5.      Tidak semua materi pelajaran dapat disajikan melalui metode ini.

Afirmasi (Jeny)

Metode role playing ini, dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi teks negosiasi. Dengan metode role playing, siswa menjadi lebih bersemangat dalam mengeksplor kemampuan diri. Selain itu, metode role playing juga mampu mengurangi kebosanan siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh yang cenderung monoton.

Oposisi (Khabib)

Saya dari tim oposisi tidak setuju karena kekurangan metode pembelajaran role playing memakan banyak waktu, siswa sering mengalami kesulitan untuk memerankan secara baik. Metode pembelajaran role playing tidak akan berjalan dengan baik jika suasana kelas tidak mendukung. Jika siswa tidak dipersiapkan dengan baik ada kemungkinan metode role playing tidak akan berjalan dengan baik.

Netral (Anggun)

        Metode pembelajaran bermain peran adalah berakting sesuai dengan peran yang telah ditentukan terlebih dahulu untuk tujuan-tujuan tertentu. Selain itu, penerapan metode bermain peran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia mempunyai manfaat penting bagi kehidupan sosial siswa. Metode bermain peran siswa dapat menghayati peranan apa yang dimainkan mampu menempatkan diri dalam situasi orang lain yang dikehendaki guru.

Netral (Willa)

Dengan menggunakan media pembelajaran bermain peran segala sesuatu yang dapat digunakan menyalurkan pesan bahan pembelajaran sehingga dapat merangsang perhatian, minat, dan perasaan peserta didik yang melakukan peran.

Netral (Fahreza)

Saya sebagai pihak netral berpendapat bahwa bermain peran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, contoh kelebihannya, yaitu dapat berkesan dengan kuat dan tahan lama dalam ingatan siswa, sangat menarik bagi siswa sehingga memungkinkan membuat kelas menjadi dinamis dan antusias. Nah, kalau untuk kekurangannya, yaitu role playing memerlukan waktu yg relatif panjang, memerlukan kreatifitas, dan daya kreasi yang tinggi dari pihak guru maupun siswa dan ini tidak semua guru memilikinya, tidak semua materi pembelajaran dapat disajikan melalui metode ini.

 

 

SIMPULAN

 

Pembelajaran dengan menggunakan media bagan alir pembelajaran lebih mudah dipahami. Media bagan alir digunakan menjelaskan aspek-aspek sistem informasi secara jelas, tepat, dan logis. Selain itu, pemanfaatan media bagan alir dalam pembelajaran dapat membangkitkan keinginan, minat, bakat, dan meningkatkan motivasi serta rangsangan kegiatan belajar. Ditambah, metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan pemahaman dan siswa menjadi lebih bersemangat dalam mengeksplor kemampuan diri. Selain itu, metode role playing juga mampu mengurangi kebosanan siswa pembelajaran jarak jauh yang cenderung monoton.

3 komentar:

Puisi Sang Penguntai Masa Depan

  Sang Penguntai Masa Depan  _Karya: Imam Basori Alwi_  Setahun sekali memperingati hari jasamu  Hanya sehari mengenang pengabdianmu Sungguh...