TEKS DEBAT
Pengampu: Bpk. Imam Basori Alwi, S.Pd.
KELOMPOK 1:
1. Arin Dwi Khoirunisa {04}
2. Chelsy Aulia Kusuma.D {05}
3.
Dwi Farida Yulianti {09}
4. Felyna Lazensia Prestika {11}
5. Fitri Novita Sari {13}
6.
Indri Kinanti {16}
7. Lussyyana Doni Pratama {19}
8. Nazwa Wiqoyatul Q {24}
9. Nesha Nur Riana {25}
10. Siti Jesika Sannah {37}
11. Stevani {38}
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
TEKS DEBAT:
Moderator:
Assalamualaikum Wr.
Wb. Selamat pagi.
Pagi ini kami akan menampilkan kegiatan
debat dari kelompok satu. Perkenalkan saya Nesha sebagai moderator izinkan
untuk memandu kegiatan debat ini. Selanjutnya, perkenalkan dari Tim Afirmasi (berada di sebelah kanan), Tim Oposisi
(di sebelah kiri), Tim Netral
dan Penulis (berada di belakang saya).
Debat kali ini akan membahas mengenai
“Apakah Media Pembelajaran Blog melalui
Hp mampu Memudahkan Peserta Didik dan Menjadi Luas Pengetahuannya?”
Selanjutnya saya akan berikan
kesempatan kepada juru bicara setiap
tim untuk memperkenalkan diri: Tim Afirmasi (Arin,
Chelsy, dan Stevani), Tim Oposisi (Lusy,
Farida, Nazwa), Tim Netral (Siti, Fitri, Indri), dan penulis (Felin).
Sebelumnya saya akan menyampaikan tata tertib kegiatan debat
terlebih dahulu:
1. Jika
tim juru bicara menyampaikan pendapatnya saya minta tolong didengarkan dan
jangan mengobrol sendiri.
2. Semua
peserta dan penonton dilarang melakukan perbuatan anarkis dan perkataan yang
mengandung SARA.
3. Durasi waktu penyampaian pendapat
1 (satu) menit.
4. Juru bicara
harus menyampaikan pendapatnya dengan keras dan jelas supaya semuanya dengar.
5. Setiap
tim harus tahu urutan menyampaikan pendapat dengan sesuai teksnya.
Moderator:
Menurut Hamzah B.Uno & Nina Lamatenggo dalam buku teknologi
komunikasi & informasi pembelajaran, media
pembelajaran adalah segala bentuk alat komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dari sumber
ke peserta didik secara terencana, sehingga tercipta lingkungan belajar yang
kondusif di mana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien
dan efektif.
Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian.
Hp adalah alat telekomunikasi elektronik bersifat dua arah yang mudah untuk kita
bawa kemana-mana dan memiliki kemampuan untuk
mengirim pesan baik berupa suara, gambar, dan informasi.
Anggapan inilah yang akan kita bahas debat kali ini. Untuk
putaran pertama saya persilahkan secara
bergantian juru bicara
bisa menyampaikan pendapatnya.
Tim Afirmasi
[Stevani] :
Saya setuju, menurut saya pembelajaran
melalui blog membuat peserta didik lebih mudah untuk belajar, memperluas pengetahuan, dan peserta didik bisa
mendapatkan informasi informasi tentang pembelajaran.
Dengan
adanya pembelajaran melalui
media blog peserta
didik lebih semangat
untuk belajar dan juga pembelajaran lebih seru dan menyenangkan.
Tim Netral [Indri] :
Saya sebagai tim netral berpendapat
bahwa pembelajaran blog melalui hp dapat membuat peserta didik lebih mudah mencari informasi, namun pembelajaran
blog melalui hp dapat membuat siswa menjadi tidak konsentrasi dalam belajar.
Alangkah baiknya bila siswa bermain Hp
diawasi oleh orang tua agar siswa tidak menyalah gunakan fungsi hp.
Tim Oposisi
[Farida] :
Penguna internet pada masa kini menjadi
lebih mudah mendapatkan ilmu. Sebagai contoh Blog dari Bapak Imam Basori Alwi,
S.Pd. berjudul “Ilmu Bahasa Indonesia” yang
memberikan berbagai macam manfaat
dalam menjelaskan soal.
Selain itu kita akan dapat menghemat
waktu karena pada media sosial kita akan dapat berdiskusi perkerjaan rumah (tugas) yang diberikan oleh Bapak/Ibu guru.
Tim Afirmasi
[Arin] :
Saya setuju dengan adanya media
pembelajaran blog melalui hp karena dapat memudahkan pelajar dalam kondisi seperti ini dan juga bisa menambah
pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
Media pembelajaran blog melalui hp juga
bisa mempersingkat waktu karena kita tidak perlu bertemu langsung, tetapi sudah bisa belajar mandiri
dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.
Tim Oposisi
[Lusy] :
Saya tidak setuju, karena belum tentu
semua peserta didik paham tentang materi pembelajaran yang dijelaskan melalui blog. Bisa saja nilai peserta didik
menurun karena tidak paham materinya.
Pada dasarnya, siswa akan teralihkan
pada hal yang lain selain belajar. Contohnya saja menggunakan media sosial tersebut untuk berkomunikasi secara
pribadi dan media sosial bisa melemahkan interaksi sosial para pelajar
di dunia nyata.
Tim Netral [Siti] :
Saya sebagai tim netral
berpendapat bahwa pembelajaran melalui hp sangat
berguna sekali dalam sehari-hari bagi siswa agar lebih
mudah mencari informasi, namun pembelajaran menggunakan
blog dapat menyebabkan siswa tidak terlalu konsentrasi dalam belajar saat diterangkan guru.
Alangkah baiknya siswa menggunakan
hp tidak dipergunakan dalam hal negatif dan digunakan dengan seperlunya saja.
Tim Afirmasi
[Chelsy] :
Saya
setuju bahwa pembelajaran blog melalui hp siswa dapat membangun komunikasi
belajar dengan mudah. Selain itu, siswa dapat mencari ilmu pengetahuan dan informasi menggunakan hp.
Hal ini dapat meningkatkan
keterampilan dan kemampuan siswa tanpa khawatir akan perbedaan jarak dan waktu.
Tim Netral
[Fitri] :
Saya sebagai
tim netral berpendapat bahwa pembelajaran melalui
hp dapat mempermudah kita dalam melakukan
pembelajaran.
Setiap orang memiliki sudut pandang
yang berbeda. Jadi, kembali lagi kepada diri masing-masing dalam menggunakan hp mau mengikuti dampak
positif atau negatifnya. Penggunaan alat elektronik hp sangat baik
karena dengan adanya hp kita bisa menjadi
tahu informasi dan pengetahuan.
Tim Oposisi
[Juwa] :
Saya tidak setuju dengan argumen
tentang media pembelajaran blog melalui hp karena menurut saya dampak
pembelajaran blog melalui hp berdampak negatif.
Dikarenakan yang pertama saat
pembelajaran siswa juga dapat membuka tab lain. Selain itu, juga berdampak terhadap kesehatan siswa dikarenakan ada pancaran sinar radiasi
dari hp kalau secara terus menerus.
Keterangan:
Merah = Tim afirmasi
Hijau
= Tim oposisi
Coklat = Tim netral
Hitam = Moderator
Kuning = Penulis
Perkenalkan nama saya Felyna sebagai penulis. Saya di sini akan menyampaikan simpulan dari teks debat tentang “Apakah Media Pembelajaran Blog melalui Hp mampu Memudahkan Peserta
Didik dan Menjadi Luas Pengetahuannya?”
Media pembelajaran blog melalui hp
dapat membuat peserta didik lebih mudah
untuk belajar dan memperluas pengetahuan dan dapat membangun
komunikasi belajar dengan
mudah. Di samping itu, ada sisi negatifnya antara
lain peserta didik belum tentu paham dengan
pembelajaran yang dijelaskan melalui blog.
Karena saat dijelaskan peserta didik bisa saja
membuka tab lain. Selain itu, juga bisa merusak kesehatan mata karena terkena pancaran sinar radiasi apabila tidak diatur pencahayaan
hp dan melihat terlalu dekat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar