Contoh Teks Debat Kelas X SMA/SMK/MA/MAK

 TEKS DEBAT





Pengampu: Bpk. Imam Basori Alwi, S.Pd.

 

 

KELOMPOK 1:


 

1.   Arin Dwi Khoirunisa {04}

2.   Chelsy Aulia Kusuma.D {05}

3.   Dwi Farida Yulianti {09}

4.   Felyna Lazensia Prestika {11}

5. Fitri Novita Sari {13}

6.   Indri Kinanti {16}

7.   Lussyyana Doni Pratama {19}

8.   Nazwa Wiqoyatul Q {24}

9.   Nesha Nur Riana {25}

10.   Siti Jesika Sannah {37}

11.   Stevani {38}


 

 

 

 SMK AL-FALAH WINONG

TAHUN PELAJARAN 2021/2022




TEKS DEBAT:

Moderator:

Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat pagi.

Pagi ini kami akan menampilkan kegiatan debat dari kelompok satu. Perkenalkan saya Nesha sebagai moderator izinkan untuk memandu kegiatan debat ini. Selanjutnya, perkenalkan dari Tim Afirmasi (berada di sebelah kanan), Tim Oposisi (di sebelah kiri), Tim Netral dan Penulis (berada di belakang saya).

Debat kali ini akan membahas mengenai “Apakah Media Pembelajaran Blog melalui Hp mampu  Memudahkan Peserta Didik dan Menjadi Luas Pengetahuannya?”

Selanjutnya saya akan berikan kesempatan kepada juru bicara setiap tim untuk memperkenalkan diri: Tim Afirmasi (Arin, Chelsy, dan Stevani), Tim Oposisi (Lusy, Farida, Nazwa), Tim Netral (Siti, Fitri, Indri), dan penulis (Felin).

Sebelumnya saya akan menyampaikan tata tertib kegiatan debat terlebih dahulu:

1.  Jika tim juru bicara menyampaikan pendapatnya saya minta tolong didengarkan dan jangan mengobrol sendiri.

2.   Semua peserta dan penonton dilarang melakukan perbuatan anarkis dan perkataan yang mengandung SARA.

3.     Durasi waktu penyampaian pendapat 1 (satu) menit.

4.   Juru bicara harus menyampaikan pendapatnya dengan keras dan jelas supaya semuanya dengar.

5.     Setiap tim harus tahu urutan menyampaikan pendapat dengan sesuai teksnya.

 

Moderator:

Menurut Hamzah B.Uno & Nina Lamatenggo dalam buku teknologi komunikasi & informasi pembelajaran, media pembelajaran adalah segala bentuk alat komunikasi yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dari sumber ke peserta didik secara terencana, sehingga tercipta  lingkungan belajar yang kondusif di mana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.

Blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian.

Hp adalah alat telekomunikasi elektronik bersifat dua arah yang mudah untuk kita bawa kemana-mana dan memiliki kemampuan untuk mengirim pesan baik berupa suara, gambar, dan informasi.

Anggapan inilah yang akan kita bahas debat kali ini. Untuk putaran pertama saya persilahkan secara bergantian juru bicara bisa menyampaikan pendapatnya.

 

Tim Afirmasi [Stevani] :

Saya setuju, menurut saya pembelajaran melalui blog membuat peserta didik lebih mudah untuk belajar, memperluas pengetahuan, dan peserta didik bisa mendapatkan informasi informasi  tentang pembelajaran.

Dengan adanya pembelajaran melalui media blog peserta didik lebih semangat untuk belajar dan juga pembelajaran lebih seru dan menyenangkan.

Tim Netral [Indri] :

Saya sebagai tim netral berpendapat bahwa pembelajaran blog melalui hp dapat membuat peserta didik lebih mudah mencari informasi, namun pembelajaran blog melalui hp dapat membuat siswa menjadi tidak konsentrasi dalam belajar.

Alangkah baiknya bila siswa bermain Hp diawasi oleh orang tua agar siswa tidak menyalah gunakan fungsi hp.

Tim Oposisi [Farida] :

Penguna internet pada masa kini menjadi lebih mudah mendapatkan ilmu. Sebagai contoh Blog dari Bapak Imam Basori Alwi, S.Pd. berjudul “Ilmu Bahasa Indonesia” yang memberikan berbagai macam manfaat dalam menjelaskan soal.

Selain itu kita akan dapat menghemat waktu karena pada media sosial kita akan dapat berdiskusi  perkerjaan rumah (tugas) yang diberikan oleh Bapak/Ibu guru.

Tim Afirmasi [Arin] :

Saya setuju dengan adanya media pembelajaran blog melalui hp karena dapat memudahkan pelajar dalam kondisi seperti ini dan juga bisa menambah pengetahuan tentang perkembangan  teknologi.

Media pembelajaran blog melalui hp juga bisa mempersingkat waktu karena kita tidak perlu  bertemu langsung, tetapi sudah bisa belajar mandiri dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.

Tim Oposisi [Lusy] :

Saya tidak setuju, karena belum tentu semua peserta didik paham tentang materi pembelajaran yang dijelaskan melalui blog. Bisa saja nilai peserta didik menurun karena tidak paham materinya.

Pada dasarnya, siswa akan teralihkan pada hal yang lain selain belajar. Contohnya saja menggunakan media sosial tersebut untuk berkomunikasi secara pribadi dan media sosial bisa  melemahkan interaksi sosial para pelajar di dunia nyata.

Tim Netral [Siti] :

Saya sebagai tim netral berpendapat bahwa pembelajaran melalui hp sangat berguna sekali dalam sehari-hari bagi siswa agar lebih mudah mencari informasi, namun pembelajaran menggunakan blog dapat menyebabkan siswa tidak terlalu konsentrasi dalam belajar saat diterangkan guru.

Alangkah baiknya siswa menggunakan hp tidak dipergunakan dalam hal negatif dan digunakan  dengan seperlunya saja.

Tim Afirmasi [Chelsy] :

Saya setuju bahwa pembelajaran blog melalui hp siswa dapat membangun komunikasi belajar dengan mudah. Selain itu, siswa dapat mencari ilmu pengetahuan dan informasi menggunakan hp.

Hal ini dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan siswa tanpa khawatir akan perbedaan  jarak dan waktu.

Tim Netral [Fitri] :

Saya sebagai tim netral berpendapat bahwa pembelajaran melalui hp dapat mempermudah kita dalam melakukan pembelajaran.

Setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda. Jadi, kembali lagi kepada diri masing-masing dalam menggunakan hp mau mengikuti dampak positif atau negatifnya. Penggunaan alat elektronik hp sangat baik karena dengan adanya hp kita bisa menjadi tahu informasi dan pengetahuan.

Tim Oposisi [Juwa] :

Saya tidak setuju dengan argumen tentang media pembelajaran blog melalui hp karena menurut saya dampak pembelajaran blog melalui hp berdampak negatif.

Dikarenakan yang pertama saat pembelajaran siswa juga dapat membuka tab lain. Selain itu, juga berdampak terhadap kesehatan siswa dikarenakan ada pancaran sinar radiasi dari hp kalau secara terus menerus.

 

Keterangan:

Merah  = Tim afirmasi

 Hijau  = Tim oposisi

Coklat   = Tim netral

Hitam  = Moderator

Kuning  = Penulis


 SIMPULAN

 

Perkenalkan nama saya Felyna sebagai penulis. Saya di sini akan menyampaikan simpulan dari teks debat tentang “Apakah Media Pembelajaran Blog melalui Hp mampu  Memudahkan Peserta Didik dan Menjadi Luas Pengetahuannya?” Media pembelajaran blog melalui hp dapat membuat peserta didik lebih mudah untuk belajar dan memperluas pengetahuan dan dapat membangun komunikasi belajar dengan mudah. Di samping itu, ada sisi negatifnya antara lain peserta didik belum tentu paham dengan pembelajaran yang dijelaskan melalui blog. Karena saat dijelaskan peserta didik bisa saja membuka tab lain. Selain itu, juga bisa merusak kesehatan mata karena terkena pancaran sinar radiasi apabila tidak diatur pencahayaan hp dan melihat terlalu dekat.

 

Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi Sang Penguntai Masa Depan

  Sang Penguntai Masa Depan  _Karya: Imam Basori Alwi_  Setahun sekali memperingati hari jasamu  Hanya sehari mengenang pengabdianmu Sungguh...