Kisi-Kisi Soal HOTS SAS Gasal Bahasa Indonesia Kelas X

 

KISI-KISI SOAL SAS GASAL BAHASA INDONESIA KELAS X SMK AL-FALAH WINONG TAHUN AJARAN 2022/2023

 

Sekolah                       : SMK Al-Falah Winong             Waktu             : 120 menit

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia                      Jumlah soal    : 40 pilihan ganda dan 10 uraian

Kelas/Semester            : X/Gasal (1)                               Penyusun soal : Imam Basori Alwi, S.Pd.

                                                                                                                       

Capaian Pembelajaran:

3.  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

No.TP

Tujuan Pembelajaran

Materi

Indikator Soal

Nomor Soal

3.1

Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis

1.      Informasi/ide pokok/gagasan utama/kalimat utama teks laporan hasil observasi

2.      Jenis paragraf

Disajikan kutipan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menentukan informasi/ide pokok/gagasan utama/kalimat utama dengan tepat

PG 1, 2, 3,

Uraian 41

 

 

 

4.1

Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis

1.      Simpulan teks laporan hasil observasi

Disajikan kutipan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menyimpulkan  isi dengan tepat

PG 11

Uraian 42

3.2

Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi

                             

1.      Analisis isi (struktur) teks laporan hasil observasi

2.      Analisis kebahasaan teks laporan hasil observasi

Disajikan kutipan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menganalisis struktur dengan tepat

PG 4, 5

Disajikan kutipan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat menganalisis kebahasaan dengan tepat

PG 6, 7, 8, 9, 10, 12,13

4.2

Mengonstruksi teks laporan hasil observasi dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.

1.      Merancang teks laporan hasil observasi dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan

2.      Memperbaiki teks laporan hasil observasi dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan

Disajikan kutipan teks laporan hasil observasi, peserta didik dapat memperbaiki ejaan kata/kalimat dengan tepat

PG 14, 15, 16

3.3

Menentukan isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca

1.      isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi

2.      Fakta dan opini

3.      Jenis-jenis teks eksposisi

Disajikan kutipan teks eksposisi, peserta didik dapat menentukan isi dengan tepat

 

 

 

PG 17, 18, 19

Uraian 44

3.4

Menganalisis  struktur dan kebahasaan  teks eksposisi

 

1.      Analisis struktur teks eksposisi

Disajikan kutipan teks eksposisi, peserta didik dapat menganalisis struktur dengan tepat

PG 20, 21, 22,

Uraian 43

3.5

Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat

1.      Makna tersirat teks anekdot

Disajikan teks anekdot, peserta didik dapat mengevaluasi makna tersirat dengan tepat.

PG 27

Uraian 47

4.5

Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot

1.      Mengonstruksi isi/kritikan dari makna tersirat teks anekdot

Disajikan kutipan teks anekdot, peserta didik dapat mengonstruksi kritikan dengan tepat.

PG 28

3.6

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.

1.      Analisis struktur teks anekdot

2.      Analisis kebahasaan teks anekdot

Disajikan kutipan teks anekdot, peserta didik dapat menganalisis struktur dengan tepat.

PG 23, 25

Uraian 45

Disajikan kutipan teks anekdot, peserta didik dapat menganalisis kebahasaan dengan tepat.

PG 24, 26

Uraian 46

3.7

Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis

1.      Nilai-nilai hikayat

2.      Karakteristik/ciri hikayat

 

Disajikan kutipan hikayat, peserta didik dapat menentukan nilai dengan tepat.

PG 29, 30, 31, 36, 37

Uraian 48

Disajikan kutipan hikayat, peserta didik dapat menentukan karakteristik/ciri dengan tepat.

PG 32, 33, 38

Uraian 49

4.7

Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca

 

1.      Menafsirkan atau menceritakan kembali hikayat dengan bahasa sendiri

Disajikan kutipan hikayat, peserta didik dapat menentukan amanat dengan tepat.

PG 34

Disajikan kutipan hikayat, peserta didik dapat menentukan isi dengan tepat.

PG 35

Uraian 50

3.8

Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen

1.      Perbandingan majas/karakteristik hikayat

Disajikan kutipan hikayat dan cerpen, peserta didik dapat membandingkan majas dengan tepat.

PG 39, 40


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi Sang Penguntai Masa Depan

  Sang Penguntai Masa Depan  _Karya: Imam Basori Alwi_  Setahun sekali memperingati hari jasamu  Hanya sehari mengenang pengabdianmu Sungguh...