RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN |
Satuan Pendidikan :
SMK Al- Falah Winong
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/Gasal
Alokasi Waktu :
4 Pertemuan (4 x 45 menit)
Tahun
Ajaran : 2021/2022
Kurikulum : Kurikulum 2013 revisi
Materi Pokok :
Teks Negosiasi
A. KOMPETENSI INTI
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerja sama, toleransi, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran
dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis. 4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran,
persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis. |
3.10.1 Menilai pengajuan, penawaran dan
persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis. 4.10.1 Mengomunikasikan pengajuan,
penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau
tulis. |
3.11 Menganalisis isi, struktur
(orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi. 4.11 Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan
memperhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup)
dan kebahasaan. |
3.11.1 Menganalisis isi teks negosiasi 3.11.2 Menganalisis struktur (orientasi,
pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) teks negosiasi. 3.11.3 Menganalisis kebahasaan teks
negosiasi 4.11.1 Menentukan topik teks negosiasi 4.11.2 Merancang teks negosiasi dengan
memperhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup)
dan kebahasaan. |
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini
diharapkan peserta didik dapat:
1.
Peserta
didik mampu mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks
negosiasi lisan maupun tertulis dengan tepat.
2.
Peserta
didik mampu menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam
teks negosiasi secara lisan atau tulis) dengan tepat.
3.
Peserta
didik mampu menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan,
penutup) dan kebahasaan teks
negosiasi jujur dan bertanggung jawab.
4. Peserta
didik mampu mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memperhatikan isi, struktur
(orientasi, pengajuan, penawaran,
persetujuan, penutup) dan
kebahasaan dengan tepat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian teks negosiasi
2. Struktur teks negosiasi
3. Kaidah kebahsaan dan penulisan teks
negosiasi
4. Contoh evaluasi teks negosiasi
5. Langkah-langkah menulis teks negosiasi
E. STRATEGI PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan :
Saintifik
2.
Metode :
Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan
3.
Model : Inkuiri sosial
F.
MEDIA,
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Media
: Teks negosiasi beragam, power point
(PPT), aplikasi teks negosiasi by
Imam Basori Alwi, S.Pd.
2.
Alat
: Lembar Kerja (LK), lembar penilaian, Whatshap Grup, Google Clasrom, hp, dan
laptop
3.
Sumber
a.
Pengalaman
pribadi
b.
BSE
Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X
c.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku
Guru untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X edisi revisi. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
d.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku
Siswa untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X edisi revisi. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
e.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Buku
Siswa untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X edisi revisi. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
f.
Internet
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Orientasi
1. Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
2. Menyiapkan fisik dan psikis peserta
didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
3. Mengaitkan materi atau tema kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik, yaitu bernegosiasi.
4. Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
5. Mengajukan pertanyaan yang ada
keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
6. Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari teks negosiasi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
7. Apabila kegiatan pembelajaran
dilaksanakan dengan baik dan sungguh-sungguh maka peserta didik diharapkan
dapat menguasai materi teks negosiasi
dengan baik.
8. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan yang berlangsung.
Pemberian Acuan
9. Memberitahukan tentang kompetensi
inti, kompetensi dasar, dan indikator.
10.
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti
Mengamati
a.
Orientasi
1.
Peserta
didik diberikan penjelasan mengenai pengertian teks negosiasi.
2.
Peserta
didik diminta untuk mencermati penejelasan analisis struktur dalam teks
negosiasi dari pendidik.
Menanya
b.
Perumusan hipotesis
3. Peserta didik diberikan kesempatan
untuk bertanya mengenai teks negosiasi dan struktur teks negosiasi.
4.
Peserta
didik menuliskan jawaban sementaranya pada buku catatan untuk menguji apakah
hipotesis memenuhi syarat-syarat.
c.
Penjelasan Istilah
5. Peserta didik dibimbing oleh pendidik
membahas pengertian istilah-istilah yang ada dalam jawaban sementara
(hipotesis).
Mengumpulkan data
d.
Eksplorasi
6.
Peserta
didik membaca teks negosiasi dalam lembar kerja masing-masing.
7.
Peserta
didik melakukan analisis struktur orientasi, pengajuan/permintaan, pemenuhan,
penawaran, persetujuan, dan penutup dalam teks negoisasi.
8.
Peserta
didik mengingat-ingat cara mengerjakan untuk menemukan struktur dalam teks
negosiasi.
9.
Peserta
didik menemukan informasi (data) dari struktur dan menandai dialog dari teks
negosiasi sebagai bukti nantinya.
10.
Peserta
didik menuliskan pada LK-nya masing-masing mengenai informasi (data) struktur
orientasi, pengajuan/permintaan, pemenuhan, penawaran, persetujuan, dan
penutup, serta menyimpulkan hasil analisis struktur dari teks negoisasi.
11.
Peserta
didik menjawab masalah yang ingin mereka pahami dengan alasan yang tepat.
12.
Peserta
didik menguji hipotesisnya.
13.
Peserta
didik mengevaluasi pernyataan-pernyataan yang benar-benar tepat mengenai
informasi (data) struktur orientasi, pengajuan/permintaan, pemenuhan,
penawaran, persetujuan, dan penutup dalam teks negoisasi.
14.
Peseta
didik mempresentasikan hasil pekerjannya.
15.
Peserta
didik membahas maupun menangapi hasil presentasi dari temannya.
16.
Peserta
didik menuliskan evaluasinya dalam menganalisis struktur orientasi,
pengajuan/permintaan, pemenuhan, penawaran, persetujuan, dan penutup, serta
simpulannya dalam teks negoisasi di buku mereka masing-masing.
Kegiatan Penutup
17. Peserta didik bersama pendidik
menyimpulkan butir-butir pokok materi teks negosiasi yang telah dipelajari.
18. Peserta didik bersama pendidik
melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang
sudah dilaksanakan.
19. Peserta didik menerima umpan balik
tentang proses pembelajaran.
20. Peserta didik untuk membuat teks
negosiasi secara utuh di rumah. Sikap yang ditekankan adalah disiplin, rasa
tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
21. Peserta didik menerima penyampaian
tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berupa pembahasan bersama
hasil pekerjaan peserta didik dalm membuat teks negosiasi dan akan dijelaskan
bagaimana cara membuat atau menyajikan teks negosiasi secara baik dan tepat.
H. PENILAIAN
(ASESMEN)
a.
Teknik penilaian : Pengamatan sikap
b.
Bentuk penilaian : Catatan hasil observasi
c.
Instrumen penilaian : Lembar penilaian sikap
2.
2. Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik penilaian : Tertulis
b.
Bentuk penilaian :
Tugas individu
c.
Instrumen penilaian : Lembar kerja (LK)
3. Penilaian Keterampilan
a.
Teknik penilaian : Tertulis
b.
Bentuk penilaian :
Produk
c.
Instrumen penilaian : Rubrik penilaian
Pati,
06 Juli 2021
Mengetahui Kepala SMK
Al-Falah Winong Muchlisin,
S.Pd., M.Pd. |
|
Guru Bahasa
Indonesia, Imam Basori
Alwi, S.Pd. |
LAMPIRAN-LAMPIRAN
PENILAIAN
1.
Penilaian Sikap spiritual dan sosial
a. Teknik penilaian : Observasi
b. Bentuk instrument : Lembar observasi
c. Kisi-kisi :
Penilaian Sikap Spiritual dan
Sosial
No. |
Nama Siswa |
Spiritual |
Peduli |
Jujur |
Disiplin |
Santun |
skor |
|||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator:
Spiritual
a. Berdoa
sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b. Bersyukur
atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa.
c. Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianutnya.
d. Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia.
Peduli
a.
Membantu
rekan yang kesulitan
b.
Tidak
melakukan aktivitas yang mengganggu/merugikan orang lain
c.
Memelihara
lingkungan sekolah
d.
Membuang
sampah pada tempatnya
Jujur
a.
Tidak menyontek dalam mengerjakan
ujian/ulangan
b.
Tidak menjadi plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam
mengerjakan setiap tugas.
c.
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu
apa adanya
d.
Melaporkan barang yang ditemukan
e.
Melaporkan data atau informasi apa
adanya
f.
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang
dimiliki
Disiplin
a.
Datang tepat waktu
b.
Patuh pada tata tertib atau aturan
bersama/ sekolah
c.
Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai
waktu yang ditentukan
d.
Membawa
buku teks pelajaran
Santun
a.
Menghormati
orang yang lebih tua
b.
Tidak
berkata kotor, kasar dan tidak menyakitkan
c.
Tidak
meludah disembarang tempat
d.
Mengucapkan
terimah kasih kepada orang yang membantu
Rubrik Penilaian sikap
Rubrik |
Skor |
menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan konsisten |
4 |
menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai konsisten |
3 |
menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih
sedikit dan belum konsisten |
2 |
sama sekali tidak menunjukkan
usaha sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan |
1 |
Catatan: 4 = sangat baik , 3 = baik , 2 = cukup , 1 = kurang |
Keterangan:
Nilai Akhir Perilaku Belajar Peseta
didik =
Nilai Konversi = nilai akhir perilaku
belajar peseta didik : 25
2.
Pengetahuan
Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik : Tes tulis dan penugasan.
b.
Bentuk : Isian dan tugas yang dikerjakan secara
individu.
c.
kisi-kisi
:
No. |
Aspek yang Dinilai |
Deskriptor |
Kriteria Penilaian |
1 |
Menemukan struktur dari teks
negosiasi |
a. Kesesuaian tuturan teks dengan
struktur teks yang disebutkan b. Kelengkapan bagian-bagian struktur
teks c. Ketepatan bagian struktur dengan
isi teks |
a. Menyebutkan tiga deskriptor (3) b. Menyebutkan dua deskriptor (2) c. Menyebutkan satu deskriptor (1) d. Tidak menyebutkan deskriptor (0) |
2 |
Memberikan alasan dengan
menggunakan bukti mendukung dari teks negosiasi |
a. Kesesuaian alasan dengan bukti yang
mendukung dari struktur teks b. Kelengkapan bagian-bagian struktur dengan
alasan dari bukti yang mendukung teks c. Ketepatan bukti yang mendukung dari
struktur teks |
a. Menyebutkan tiga deskriptor (3) b. Menyebutkan dua deskriptor (2) c. Menyebutkan satu deskriptor (1) d. Tidak menyebutkan deskriptor (0) |
3 |
Menyimpulkan dari hasil analisis
struktur teks negosiasi |
a. Tepat penggunaan ejaan dan tanda
baca b. Tepat penyusunan kalimat c. Penggunaan kalimat efektif |
a. Menguasai penyusunan kalimat tanpa
ada kesalahan ejaan dan tanda baca (3) b. Menguasai penyusunan kalimat,
terdapat kesalahan ejaan dan tanda baca atau sebaliknya (2) c. Susunan kalimat mengaburkan makna
dan terdapat kesalahan ejaan dan tanda baca. (1) |
Petunjuk Penskoran
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Peserta didik memperoleh nilai:
Sangat baik :
apabila memperoleh skor 3,20-4,00 (80-100)
Baik :
apabila memperoleh skor 2,80- 3,19 (70-79)
Cukup :
apabila memperoleh skor 2,40-2,79 (60-69)
Kurang :
apabila memperoleh skor < 2,40
(< 60)
3.
Keterampilan
Penilaian Keterampilan
a.
Teknik : Praktik
b.
Bentuk : Simak dan tertulis
c.
Kisi-kisi
:
No. |
Aspek yang Dinilai |
Deskriptor |
Kriteria Penilaian |
1 |
Kesesuaian isi teks negoisasi dengan
topik |
a. Kesesuaian judul dengan isi |
a. Topik teks negosiasi sangat sesuai isi teks (4) b. Topik teks negosiasi sesuai isi
teks (3) c. Topik teks negosiasi kurang sesuai isi teks (2) d. Topik teks negosiasi tidak sesuai isi teks (1) |
2 |
Menulis isi teks sesuai dengan struktur
teks |
b. Kesesuaian isi teks dengan struktur c. Kelengkapan bagian-bagian struktur
teks |
a. Peserta didik menyusun 4 struktur teks negosiasi sangat
lengkap dan sangat sesuai dengan isi (4) b. Peserta didik menyusun 3 struktur teks negosiasi dan
sangat sesuai dengan isi (3) c. Peserta didik menyusun 2 struktur teks negosiasi sangat
lengkap dan kurang sesuai dengan isi (2) d. Peserta didik menyusun 1 struktur teks negosiasi sangat
lengkap dan tidak sesuai
dengan isi (1) |
3 |
Menulis isi teks sesuai dengan
kalimat, ejaan, tanda baca, dan kaidah bahasa |
a. Tepat penggunaan ejaan dan tanda
baca b. Tepat penyusunan kalimat c. Penggunaan kalimat efektif |
a. Menulis isi teks sangat sesuai
dengan kalimat, ejaan, tanda baca, dan kaidah bahasa (4) b. Menulis isi teks sesuai dengan
kalimat, ejaan, tanda baca, dan kaidah bahasa (3) c. Menulis isi teks kurang sesuai
dengan kalimat, ejaan, tanda baca, dan kaidah bahasa (2) d. Menulis isi teks tidak sesuai
dengan kalimat, ejaan, tanda baca, dan kaidah bahasa (1) |
Petunjuk Penskoran
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Peserta didik memperoleh nilai:
Sangat baik :
apabila memperoleh skor 3,20-4,00 (80-100)
Baik :
apabila memperoleh skor 2,80- 3,19 (70-79)
Cukup :
apabila memperoleh skor 2,40-2,79 (60-69)
Kurang :
apabila memperoleh skor < 2,40
(< 60)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar