|
Satuan Pendidikan : SMK Al- Falah Winong
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/Gasal
Alokasi
Waktu : 4 Pertemuan (4 x 45 menit)
Tahun Ajaran : 2021/2022
Kurikulum : Kurikulum 2013 revisi
Materi Pokok : Teks Anekdot
A. KOMPETENSI INTI
KI
1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsif, dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
KI 3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
3.5 Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat 4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks
anekdot |
3.5.1 Menentukan kritikan/sindiran teks anekdot. 4.5.1 Merancang makna tersirat yang ada di dalam teks
anekdot |
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot. 4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan
struktur, dan kebahasaan |
3.6.1 Menganalisis struktur teks anekdot 3.6.2 Menganalisis kebahasaan teks anekdot 4.6.1 Menyusun kerangka teks anekdot 4.6.2 Mengembangkan kerangka teks anekdot berbentuk narasi/diaolog dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan 4.6.3 Mengubah pola penyajian narasi/dialog teks anekdot dengan memperhatikan struktur dan kebahsaan |
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini diharapkan peserta
didik dapat:
1.
Peserta didik
mampu mengevaluasi teks anekdot dengan tepat.
2.
Peserta didik
mampu mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot dengan tepat.
3.
Peserta didik
mampu menganalisis kebahasaan dalam teks anekdot dengan jujur dan bertanggung jawab.
4.
Peserta didik
mampu menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan
dengan tepat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Hakikat teks
anekdot
2.
Struktur dan kaidah
kebahasaan teks anekdot
3.
Contoh teks
anekdot
4.
Contoh analisis struktur
dan kebahasaan teks anekdot
5.
Pola penyajian
berbeda teks anekdot
E. STRATEGI PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan :
Saintifik
2.
Metode : Ceramah, tanya jawab, kerja
kelompok, diskusi, kunjung karya
F.
MEDIA, ALAT DAN
SUMBER BELAJAR
1.
Media : media
infografis, aplikasi teks anekdot by
Imam Basori Alwi, S.Pd., dan power point
(PPT)
2.
Alat : Lembar
Kerja (LK), Lembar penilaian teks anekdot, Whatshap
Grup, Google Clasrom, hp, dan laptop
3.
Sumber
a.
Pengalaman
pribadi
b.
BSE Pelajaran
Bahasa Indonesia Kelas X
c.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku
Guru untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X edisi revisi. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
d.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku
Siswa untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X edisi revisi. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
e.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Buku
Siswa untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X edisi revisi. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
f.
Internet
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
Orientasi
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran.
2. Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali
kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
3. Mengaitkan materi atau tema kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik, yaitu teks anekdot.
4. Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
5. Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan
pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
6. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari teks
anekdot.
7. Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung.
Pemberian
Acuan
8. Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi
dasar, indikator dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
9. Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti
Mengamati
10.
Peserta didik diminta untuk mencari dan menemukan
apa hakikat teks anekdot.
11.
Peserta didik mendapat penjelasan mengenai
hakikat teks anekdot.
Menanya
12.
Peserta didik ditanya oleh pendidik mengenai
seputar teks anekdot
13.
Peserta didik membentuk kelompok media
infografis dengan 6-7 peserta didik di sertiap kelompok.
14.
Peserta didik dijelaskan oleh pendidik
mengenai apa saja materi yang ada di dalam media infografis dan bahan serta
alat yang dibutuhkan.
Mengumpulkan
data
15.
Peserta didik
bersama kelompoknya mengumpulkan data materi teks anekdot (pengertian, ciri,
tujuan, contoh teks anekdot dan makna tersirat, struktur, dan kebahasaan) yang
berasal dari jurnal/artikel/koran/buku (sumber terpercaya dan dapat
dipertanggungjawabkan).
Mengasosiasikan
16.
Peserta didik bersama
kelompok membuat media infografis dari bahan-bahan yang sudah ditentukan.
17.
Peserta didik bersama
kelompok menulis materi teks anekdot di media infografis.
18.
Peserta didik bersama
kelompok menghias media infografis.
19.
Peseta didik
menentukan dua orang yang menjadi pemateri/penyaji.
Mengomunikasikan
20.
Peserta didik
sesuai kelompok menempatkan dan menempelkan media infografis teks anekdot ke stand yang sudah ditentukan pendidik.
21.
Peserta didik yang menjadi pemateri/penyaji
tetap berada di stand kelompok
masing-masing.
22.
Peserta didik lainnya berkunjung ke tempat
kelompok lain.
23.
Peserta didik yang menajdi pemateri
menjelaskan materi teks anekdot dari media infografis yang telah dibuatnya dengan diberikan waktu 7
menit, lalu berputar ke kelompok selanjutnya dan sampai kembali ke kelompok masing-masing.
24.
Peserta didik yang berkunjung ke kelompok lain
bertugas memperhatikan dan mencatat apa yang telah dijelakan oleh pemateri.
Kegiatan Penutup
25.
Peserta didik
bersama pendidik menyimpulkan butir-butir pokok materi teks anekdot yang telah
dipelajari dari media infografis yang telah dibuat.
26.
Peserta didik
dipresensi kehadiran oleh pendidik.
27.
Peserta didik
menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya
mengenai analsis struktur dan kebahasaan serta penyajian pola berbeda teks
anekdot.
28.
Penyampaian salam
dan doa.
H. PENILAIAN
(ASESMEN)
a. Teknik penilaian : Pengamatan sikap
b. Bentuk penilaian : Catatan hasil observasi
c. Instrumen penilaian : Lembar penilaian sikap
2.
Penilaian
Pengetahuan
a.
Teknik penilaian : Tertulis
b.
Bentuk penilaian : Tugas individu
c.
Instrumen penilaian :
Lembar kerja (LK)
3.
Penilaian Keterampilan
a.
Teknik penilaian :
Media infografis (kunjung karya)
b.
Bentuk penilaian : Tugas kelompok
c.
Instrumen penilaian :
Rubrik penilaian
Winong,
Mengetahui Kepala SMK Al-Falah Winong Muchlisin, S.Pd., M.Pd. |
|
Guru Bahasa Indonesia, Imam Basori Alwi, S.Pd. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar