Program Tahunan (Prota) Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA/SMK/MA/MAK

 

Contoh Prota (Program tahunan)


PROGRAM TAHUNAN

 

 

     

Satuan Pendidikan    : SMK Indonesia

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Kelas                           : X (Sepuluh)

Tahun Ajaran             : 2020/2021

 

(Kurikulum 2013)


No

Kompetensi Dasar

Alokasi

Waktu

 

Semester 1

 

1

3.1

Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis

  4 jampel

2

4.1

Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis

 4 jampel

3

3.2

Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi

 4 jampel

4

4.2

Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.

 4 jampel

5

3.3

Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca

 4 jampel

6

4.3

Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan/tulis

 4 jampel

7

3.4

Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi

 4 jampel

8

4.4

Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan

 4 jampel

9

3.5

Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat

 4 jampel

10

4.5

Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot

 4 jampel

11

3.6

Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.

 4 jampel

12

4.6

Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan

 4 jampel

13

3.7

Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis

 4 jampel

14

4.7

Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca

 4 jampel

15

3.8

Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen

 4 jampel

16

4.8

Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.

 4 jampel

 

 

Jumlah jam tatap muka

64 jampel

 

 

Jumlah jam ulangan harian

4 jampel

 

 

Jumlah jam cadangan

1,2 jampel

 

 

Jumlah jam pembelajaran semester 1

69,2 jampel

 

Semester 2

 

1

3.9   

Menyebutkan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen

3 jampel

2

4.9

Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca

 3 jampel

3

3.10

Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis.

 3 jampel

4

4.10

Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis

 3 jampel

5

3.11

Menganalisis  isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi

 3 jampel

6

4.11

Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan

 3 jampel

7

3.12

Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat

 3 jampel

8

4.12

Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat

 3 jampel

9

3.13

Menganalisis  isi debat (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan)

 3 jampel

10

4.13

Mengembangkan permasalahan/ isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat

 3 jampel

11

3.14

Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi

 3 jampel

12

4.14

Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis

 3 jampel

13

3.15

Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi

3 jampel

14

4.15

Menyusun teks biografi tokoh

3 jampel

15

3.16

Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung  dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca

3 jampel

16

4.16

Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)

3 jampel

17

3.17

Menganalisis  unsur pembangun puisi

3 jampel

18

4.17

Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya

3 jampel

19

3.18

Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca

3 jampel

20

4.18

Mereplikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi

3 jampel

 

 

Jumlah jam tatap muka

60 jampel

 

 

Jumlah jam ulangan harian

4 jampel

 

 

Jumlah jam cadangan

1,2 jampel

 

 

Jumlah jam pembelajaran semester 2

65,2 jampel

 

 

Jumlah Total Jam Efektif Selama Satu Tahun Pelajaran

134,4 jampel

 

 

                                                                                                Pati, 17 September 2020

     

Mengetahui,   

Kepala SMK Indonesia                                                          Guru Bahasa Indonesia,

 

 

Agus Dwi, S.Pd., M.Pd.                                                        Imam Basori Alwi, S.Pd.
NIP 199984367823179   


  


                                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi Sang Penguntai Masa Depan

  Sang Penguntai Masa Depan  _Karya: Imam Basori Alwi_  Setahun sekali memperingati hari jasamu  Hanya sehari mengenang pengabdianmu Sungguh...