Contoh Prota (Program tahunan)
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Pendidikan : SMK Indonesia
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas :
X (Sepuluh)
Tahun Ajaran : 2020/2021
(Kurikulum 2013)
No |
Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
|
|
Semester 1 |
|
|
1 |
3.1 |
Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang
dipresentasikan dengan lisan dan tulis |
4 jampel |
2 |
4.1 |
Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi
berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis |
4 jampel |
3 |
3.2 |
Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil
observasi |
4 jampel |
4 |
4.2 |
Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan
memerhatikan isi dan aspek kebahasaan. |
4 jampel |
5 |
3.3 |
Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan
teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca |
4 jampel |
6 |
4.3 |
Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan
rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan/tulis |
4 jampel |
7 |
3.4 |
Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks eksposisi |
4 jampel |
8 |
4.4 |
Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi
(permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan
kebahasaan |
4 jampel |
9 |
3.5 |
Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat |
4 jampel |
10 |
4.5 |
Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot |
4 jampel |
11 |
3.6 |
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot. |
4 jampel |
12 |
4.6 |
Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan
struktur, dan kebahasaan |
4 jampel |
13 |
3.7 |
Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam
cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis |
4 jampel |
14 |
4.7 |
Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang
didengar dan dibaca |
4 jampel |
15 |
3.8 |
Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan
cerpen |
4 jampel |
16 |
4.8 |
Mengembangkan cerita rakyat (hikayat)
ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. |
4 jampel |
|
|
Jumlah jam tatap muka |
64 jampel |
|
|
Jumlah jam ulangan harian |
4 jampel |
|
|
Jumlah jam cadangan |
1,2 jampel |
|
|
Jumlah jam pembelajaran
semester 1 |
69,2 jampel |
|
Semester 2 |
|
|
1 |
3.9 |
Menyebutkan butir-butir penting dari
dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai
dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen |
3 jampel |
2 |
4.9 |
Menyusun ikhtisar dari dua buku
nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca |
3 jampel |
3 |
3.10 |
Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan
persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis. |
3 jampel |
4 |
4.10 |
Menyampaikan pengajuan, penawaran,
persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis |
3 jampel |
5 |
3.11 |
Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi |
3 jampel |
6 |
4.11 |
Mengkonstruksikan teks negosiasi
dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan |
3 jampel |
7 |
3.12 |
Menghubungkan permasalahan/ isu,
sudut pandang dan argumen beberapa
pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat |
3 jampel |
8 |
4.12 |
Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut
pandang dan argumen beberapa pihak,
dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat |
3 jampel |
9 |
3.13 |
Menganalisis isi debat (permasalahan/isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan) |
3 jampel |
10 |
4.13 |
Mengembangkan permasalahan/ isu dari
berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat |
3 jampel |
11 |
3.14 |
Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi |
3 jampel |
12 |
4.14 |
Mengungkapkan kembali hal-hal yang
dapat diteladani dari tokoh yang
terdapat dalam teks biografi yang
dibaca secara tertulis |
3 jampel |
13 |
3.15 |
Menganalisis aspek makna dan
kebahasaan dalam teks biografi |
3 jampel |
14 |
4.15 |
Menyusun teks biografi tokoh |
3 jampel |
15 |
3.16 |
Mengidentifikasi suasana, tema, dan
makna beberapa puisi yang terkandung
dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca |
3 jampel |
16 |
4.16 |
Mendemonstrasikan (membacakan atau
memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi
dengan memerhatikan vokal, ekspresi,
dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) |
3 jampel |
17 |
3.17 |
Menganalisis unsur pembangun puisi |
3 jampel |
18 |
4.17 |
Menulis puisi dengan memerhatikan
unsur pembangunnya |
3 jampel |
19 |
3.18 |
Menganalisis isi dari minimal satu
buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca |
3 jampel |
20 |
4.18 |
Mereplikasi isi buku ilmiah yang
dibaca dalam bentuk resensi |
3 jampel |
|
|
Jumlah jam tatap muka |
60 jampel |
|
|
Jumlah jam ulangan harian |
4 jampel |
|
|
Jumlah jam cadangan |
1,2 jampel |
|
|
Jumlah jam pembelajaran
semester 2 |
65,2 jampel |
|
|
Jumlah Total Jam Efektif Selama Satu Tahun Pelajaran |
134,4 jampel |
Pati, 17 September 2020
Mengetahui,
Kepala SMK Indonesia Guru
Bahasa Indonesia,
Agus Dwi, S.Pd., M.Pd. Imam Basori Alwi, S.Pd.
NIP 199984367823179
Tidak ada komentar:
Posting Komentar